Monday, June 06, 2005

PACARAN ITU ASYIIK!!

PACARAN ITU ASYIIK!!

Nenek en kakek kita kagak tau tu en ngak pengalaman yang namanya pacaran, beda ama anak muda modern masa kini. Konon cerita, dulu calon dari nenek or kakek sudah tersedia semenjak mereka masih kecil, terutama dari kalangan Tiongkok daratan. Artinya sejak dia kecil sudah dipersiapkan pasangannya untuk dijadiin isteri atau suami, ngak boleh milih-milih lagi. Nah, yang bakal dijadiin pasangan itu bisa aja anak teman, sanak famili atau orang lain yang dibeli. Namun jaman sekarang beda sih, kita hidup pada jaman yang semestinya untuk hal cari pasangan, ortu ngak urus-urus. Maunya hunting sediri, lacak sediri dan bila perlu ortu tinggal terima beres, dan yang paling penting ngak malu-maluin ortu.

Pacaran itu merupakan kelanjutan dari kenalan dan diteruskan dengan hubungan muda-mudi terhadap lawan jenis. (oh ya ,tulisan ini khusus bahas pacaran ama lawan jenis loh ya, sebab di jaman edan ini, ada orang yang pacaran dengan yang sejenis). Jadi di dalam pacaran ini laki-laki dan wanita saling menjajaki seberapa cocok en cekcoknya mereka berdua, termasuk latar belakang watak, sifat, pendidikan, hobby dan lain-lainnya. Pacaran ini melebihi hubungan sekadar sohib, atau kawan dekat, namun ini adalah kawan paling dekat.

Kadang ya , saya masih menemukan berbagai hura-hura di dalam berpacaran, jadi pacaran itu diidentikkan dengan menonton, makan bareng, pamer diri, ini loh pacarku, mana pacarmu? (cantikkan? Tampankan?). Padahal pacaran itu adalah kelanjutan dari masa perkenalan kita, artinya kita udah maju satu langkah lagi. Mestinya orang yang berpacaran itu sudah pada tahap keseriusan memikirkan masa depan mereka, bukan lagi seperti kanak-kanak atau masih ugal-ugalan. (Kita bakal lihat nanti apa itu Cinta Monyet juga). Oleh sebab itu di dalam kesempatan yang ada sewaktu pacaran ini, kita perlu mengisi dengan sebaik-baiknya untuk mencari tahu lebih jelas pasangan kita, supaya kelak nanti sewaktu menikah, kita paling dikit udah mengenal dia dan tidak menyesal seumur-umur. Nasi kalo udah jadi bubur, ngak bisa lagi kembali lagi jadi Nasi apalagi Beras.

Seberapa lama seseorang berpacaran tergantung pada kedua orang itu, ada orang yang ketemu satu or dua bulan udah ngebet banget, setengah taon kemudian udah minta nikah. Namun ada yang udah berpacaran 10 taon masih belum menikah ( sampai bosen-bosen kali?). Namun kacian deh kalau pacaran ampe 10 taon masih belum nikah, bisa jadi omongan en gujingan tetangga kanan – kiri. “Pacaran tok, kapan kawinnnya” he he he he, mau nunggu mantap dahulu katanya”.

Orang kuno bilang cinta itu dari “mata turun ke hati”, itu sebabnya perlu jangka waktu untuk mendeteksi, pada saat pandangan pertama yang dipergunakan adalah mata, mata bakal memandang, melirik, bahkan melotot untuk melihat sejelas-jelasnya yang mana yang cocok, udah itu saat masa kenalan en pacaran ini yang diperlukan hati, supaya merasakan cinta kasih yang sedalam-dalamnya..

Saya punya seorang teman, ketika ia pacaran ama sang wanita itu, si ortu cewek ngak setuju banget, alasannya si cowok orang ngak punya, udah itu sekolahnya masih belon sarjana, kerja juga masih kurang stabil. Pokoknya ngak boleh oleh ortu dan dilarang keras untuk berpacaran. Namun dasar orang udah jatuh cinta, maka larangan ortu dilanggar diabaikan aja, mereka berjuang dan berjuang terus. Bagusnya si cowok tahu kalo ia dianggap kurang bonafide, tidak ada gelar dan uang, itu sebabnya si cowok berjuang kuliah belajar sambil kerja, en satu dua taon buka usaha sediiri. Pada taon ke tiga si cowok udah sukses, kali ini ortunya benar-benar salut ama perjuangan si cowok. Ijin pacarannya pun keluar, luar biasa! Nah ini hal-hal yang positip, perlu dicontoh oleh orang muda, ian tidak sekadar hura-hura dan ugal-ugalan, ada perjuangan yang mati-matian. Yang jeleknya adalah apabila si cowok secara diam-diam ngajak kawin lari, itu namanya mau jalan pintas. Dan akibatnya apa yang terjadi, cepat punya anak, gelar ngak dapet, pekerjaan tetap saja sebagai pengacara yakni pengangguran yang banyak acara.

Saya sih setuju banget kalo orang yang mau pacaran itu umurnya udah “dewasa’ deh, paling dikit udah bisa cari duit. Jangan ntar mau ajak si cewek nonton ke bioskop masih minta ama ortu. Kalo gitu kan repot. Nah, bila si cowok belon kerja, ntar pacaran mereka jadi kelamaan, karena setiap ditanya kapan mau married selalu aja jawabannya belon siap. Atao minta disponsori oleh ortu nya ? Nah , kapan siapnya kalo begitu.

Pacaran tu juga ada bahayanya loh tahu ngak? Mestinya orang-orang dewasa ude pade tau ya! Mengapa saya katakana demikian!. Ketika si cewek dan cowok duduk bersamaan, dekat merapat lagi, wong namanya manusia normal; ada strumnya loh. Nah strumnya kalo ngak terkontrol ada bahayanya, itu sebabnya perlu waspada, saya yakin anda mengerti maksudnya..

Di dunia Barat mereka yang pacaran masalah cium en mencium itu bukan hal yang perlu di sensor, di jalanan lampu merah, di lapangan parkir, di Super Market bahkan yang bikin orang sebel ada yang nekad berada di depan kita, gila ngak?. Itu namanya mengenyek! Apalagi bisa terbawa nafsu. Bisa bahaye…..kate orang Jakarte….
Bagaimana mencari pacar? En di mana tempatnya? Pertanyaan ini cukup seru dijawab sih, ada orang bilang cari pacar di kampus dong, khususnya si bunga kampus itu nongol di situ, di kantin or perpus. Ada yang bilang di kantor, di gereja juga bisa sih? Ada juga yang bilang di toko buku, belakangan ada toko buku tertentu yang boleh jadi tempat mejeng baik cowok or cewek single, biasanya sih ngak beli buku, Cuma lihat-lihat aja, sambil cuci mata; mana tahu kenalan dan dapet. Nah, ini motivasi tambahan dari seseorang, selain kuliah , kerja or beribadah, dan kunjungi toko buku maka ada “Udang dibalik batunya”. Udah itu sekarang ini bisa juga cari pacara di Warnet, kok bisa? Ya bisa aja, melalui Chat ama orang-orang, namun bahayanya banyak yang suka bohong statusnya. Namun begitu, ada pasangan yang saya kenal, sudah menikah dan kenalannnya justru melalui jalur Internet, saat ini mereka berada di luar negeri.
Yang pasti jangan cari pacar di nite club deh, ato tempat-tempat orang mabok, lu bakal cari kerjaan tambahan, selain ortu anda ngak senang, teman-teman mu juga ikut-ikutan ngak senang, kecuali teman-temanmu semua penghuni di sana.
Oh ya, di bawah ini ada sebuah kutipan yang sudah saya revisi sedemikian rupa, beberapa tips untuk cari pacar, tetapi …ingat ada tetapinya , ngak semua tips ini boleh diikuti loh ya!
Pertama : Carilah pacar yang sesuai dengan keadaan anda, jangan seperti pungguk merindukan bulan, pokok e sesuai dengan standand anda deh. Umpama begini, jika kamu mau jadi isteri ahli ekonomi, maka kamu juga harus kuliah di Fakultas Ekonomi, supaya kalo kuliahmu ngak tamat, paling tidak ketemu suami yang orang Ekonomi.
Kedua : Carilah pacar yang ganteng dan cantik dan jangan mencari yang jelek, tetapi biasanya yang jelek bakal jadi cantik kalo udah jatuh cinta, udah itu harus yang baik hati. Alasannya ialah, ganteng en cantik tidak dapat dibeli , udah dari sononya, dan tidak akan rugi dapat yang ganteng, namun perlu hati-hati semua yang kelihatan di luar bukan jaminan, kegantengan dan kecantikan segera berlalu bersama waktu, bahkan mereka yang ganteng dan cantik lebih mudah diserobot oleh orang lain.
Tingkah laku seseorang bisa berubah 360 derajat, asal ia mau bertobat. Udah itu kalo bisa cari seorang yang pemberani, namun takut akan Tuhan. Pacar yang ganteng en cantik juga akan memperbaiki keturunan di kemudian hari, sekali lagi ini hanay perkiraan bukan jaminan ya!
Ketiga : Carilah pacar yang kaya, alasannya matre itu perlu juga lho ! Ya nggak 100% sih, sebab jika anda punya pacar yang bokek, walaupun ia seganteng Tao Ming Se dan anda bakal sengsara sebab harus cari duit banting tulang. Tetapi, sebaliknya kalau memeng giat bekerja, tidak perlu kuatir deh.
Ke empat : Di rumah anda kan ada cermin, jika wajah anda ngak punya wajah cakep, ya tahu diri dong dikit bila milih pacar, jangan kasih target terlalu tinggi, ntar ngak kecapai. Namun di luar perkiraan anda, orang-orang yang ngak termasuk kategori bunga kampus, kadang-kadang dapet suami yang tampan juga.
Ke lima : Jangan terlalu mencintai pacar anda ampe lupa segala-galanya , lupa pelajaran di kampus, lupa pekerjaan dan lupa diri. Saat ini baru pacaran loh ya, bagaim,ana kalau udah menikah, bisa benar-benar ngak ingat sesuatu.
Ke enam : Ada yang usul kalo stoknya udah habis, cari pacar yang bule aja, konon cerita mereka yang bule itu pada cakep en ganteng. Udah itu Warga Negaranya Luar Negeri lagi, anda bakal diboyong ke sana.
Permisi Tanya, apakah anda udah punya pacar belon? Udah itu apakah anda pacaran hanya sekadar mengisi waktu ato sudah memikirkan keseriusan untuk hidup bersama kelak? Pacaran ngak dilarang ortu sih kalo emang udah dewasa, yang penting harus penuh tanggung jawab dan tidak main main. Pacaran juga bukan dosa, selama berada pada jalur tata-krama, nilai moral etika dan kesopanan. Pacaran itu asyiiik deh..!!


0 Comments:

Post a Comment

<< Home