Monday, June 06, 2005

CINTA ITU BUTA

CINTA ITU BUTA

Benar ngak sih cinta itu buta? Kalo cinta itu buta koq orang buta bisa bercinta juga? Oh ya, so, yang pasti adalah cinta itu dapat membuat kita menjadi buta. Koq begitu? Emangnya cinta itu ada racunnya? Racun sih kagak ada ya, tetapi pengaruhnya, wow luar binasa? Orang yang lagi ngebet jatuh cinta, dapet berubah 180 derajat loh., bayangin aje, tiba-tiba orang itu bisa jadi rajin sekali, biasanya yang bangun paginya jam 10.00, begitu jatuh cinta bangunnya bisa menjadi jam 06.00, sebab pagi itu ia bakal ngantar sang kekasih ke kampus. Kalo biasanya hujan gerimis rintik-rintik aja udah ngak bakal mau diajak ke luar, eh ini malah hujan saljupun masih paksain jemput kekasih. Dampaknya besar sekalikan! Nah sekali lagi, untuk hal-hal yang positif tidak masalah kalau ditularkan, asal jangan yang negatif.

Masalahnya ada orang yang benar-benar “dibutaiin” gara-gara cinta, lalu di sana sini orang-orang menuduhnya kena santet atau guna-guna, padahal dasarnya ia udah kebelet jatuh cinta. Cinta itu membuiat ia tidak makan dan minum seharian tanpa merasa lapar, apalagi seharian tidak ketemu, rasanya seperti udah setahun. Cinta itu menjadi buta, apabila kita melihat seseorang yang tiba-tiba jatuh cinta dengan orang yang kita tidak duga sama sekali, misalnya pada seorang penjahat kelas kakap, pemabok, penjudi atau peneguk ektasi, atau wanita nakal.

Orang yang sudah jatuh cinta kadang bisa nekad, tidak peduli ama ortu ato nasehat pendeta, yang penting udah cinta ya maju terus, walau tidak mendapat persetujuan dari mereka. Sampai saat ini masih banyak pasangan yang terpaksa berpisah, karena desakan dan tekanan ortu, namun tidak sedikit juga nekad ambil jalan pintas, yakni kawin lari. Nah, alhasil ya malu-maluin, ia sendiri malu, ortu juga ikut malu; tetapi yang penting bagi mereka berdua adalah cinta. Kalau udah demikian, ortu mau ngak mau ya mau, mau bilang apa lagi.

Sekali lagi, cinta itu sendiri tidak buta, buktinya masih sanggup membedaain mana sang kekasih dan yang mana bukan secara sadar, yang pasti orang yang sudah jatuh cinta ngak peduli siap yang dicintai. Si cewek yang secara umum orang bilang kurang cantik, dapat berubah menjadi cantik bak bidadari. Sebaliknya si cowok yang kurang tampan, baginya seperti Silvester Stallone. Konon di sebuah desa hidup seorang wanita yang buruk rupa. Sedemikian buruknya hingga para pemuda menjauhinya. Di desa tersebut ada kebiasaan memberi mas kawin dari pria yang hendak melamar gadis, Banyak tidaknya mas kawin yang diberikan tersebut tergantung darikecantikan sang gadis. Jadi apabila gadis itu berwajah biasa-biasa, maka mas kawinnya berharga seekor kambing. Kalau lebih cantik lagi, jumlah kambingnya bertambah banyak. Dan yang terbanyak mas kawinnya sampai saat itu adalah mas kawin primadona di desa tersebut, sebanyak 10 ekor kambing.

Setiap orang membicarakan tentang 'harga' gadis jelek itu. Mereka berkata: "Ah, dia kan buruk rupa. Mana ada yang mau. Jangankan seekor kambing, seekor ayampun pasti tidak ada” Dan yang lain berkata: "Jangankan seekor ayam, membayarnya dengan bangkai ayam matipun pasti tidak ada yang mau. " Dan mereka menertawakan nasib gadis malang yang buruk rupa itu.
Gadis itu berulang-ulang mendengar gurauan mereka, dan hatinya menjadi sedih dan terluka. Harga dirinya rusak, dan dia sendiri hampir percaya, bahwa tidak adaseorangpun yang mau mengambil dia sebagai istri.Sampai suatu saat, tersiar kabar bahwa gadis buruk rupa itu disunting oleh pemuda dari desa seberang. Dan penduduk desapun bertanya-tanya, pemuda malang manakah yang “buta” meminang gadis buruk rupa itu?Mereka berbondong-bondong datang ke rumah orang tua gadis buruk rupa tersebut dan bermaksud menanyakan tentang kebenaran hal tersebut. Dan alangkah kagetnya mereka, ketika sampai di sana, mereka menemukan mas kawin dari pemuda itu.Mas kawinnya berupa sapi! Tidak pernah ada seorang wanita cantik manapun yang pernah diberi mas kawin semahal dan seberharga itu! Bahkan gadis tercantik di desa itu hanya 'seberharga' 10 ekor kambing. Dan mereka lebih terkejut lagi ketika mendapatkan bahwa tidak hanya seekor sapi, tapi ada 10 ekor sapi di kandang.Ya 10 ekor.
Mereka tambah penasaran. Oleh sebab itu, penduduk berbondong-bondong berjalan ke desa seberang untuk melihat bagaimana nasib wanita buruk rupa itu. Berjuta pertanyaan muncul, Barang kali pemuda itu gila? Matanya buta kali, nggak liat apa kalo dia jelek setengah mati?"
"Ah jangan-jangan cuma dijadikan pembantu rumah tangga, pasti diberi makanan yang sedikit lalu dijual lagi ke pedagang budak belian."
Ketika tiba di rumah pemuda itu, mereka melihat bahwa rumah itu amatlah mewah. Dindingnya diukir dengan indah. Dan mereka semakin yakin bahwa dugaan mereka tentang wanita malang ini akan dijadikan pembantu rumah tangga dan budak adalah tidak salah. Ketika mereka mengetuk pintu, seorang pemuda tampan menyambut mereka. Dia memperkenalkan diri sebagai pemilik rumah. Mereka bertanya apakah mereka boleh bertemu dengan gadis tersebut. Sang pemuda kembali masuk ke rumah, setelah mempersilahkan mereka duduk di ruang tamu. Seorang wanita muda yang cantik datang menyambut mereka. Rambutnya tertata rapi, tutur katanya halus dan lembut, dengan ramah ia mempersilahkan mereka mengambil makanan dan minuman.Penduduk bertanya, di manakah gerangan gadis buruk rupa itu?Apakah baik-baik saja? Dimanakah ia sekarang?Wanita yang cantik tersebut menjawab, "Sayalah orangnya".Orang-orangpun melongo, melotot, dan tak mampu berkata-kata. Merekabertanya? Apakah benar? Apakah tak salah liat ? Gadis itu kan jelek sekali, sementara wanita ini amat anggun dan cantik?
Wanita tersebut berkata, "Saya merasa cantik, ketika saya mengetahui bahwa suami saya menghargai saya dengan harga yang mahal. Saya sadar bahwa dia bukan hanya berusaha berkata bahwa saya cantik, bukan seperti apa kata orang, terlebih lagi karena dia mencintai saya. Sebagai balasannya, saya berusaha memberikan yang terbaik yang pernah saya bisa berikan, karena saya tahu, suami saya menebus saya dengan harga yang amat mahal, saya berdandan dengan cantik, saya mengubah model rambut, dan berusaha menyenangkan hatinya. Dan inilah saya yang sekarang." Cerita ini hanya sebuah dongeng anak kecil sih, tetapi pesannya terlihat jelas, cinta dapat menbuat anda tambah cantik, kalau ngak percaya, silahkan coba?

Cinta yang buta itu telah menghasilkan pemikiran tidak logis, tidak masuk akal sama sekali. Tatkala dunia dan semua orang sekitar katakan itu tidak baik, yang jatuh cinta bilang baik sekali. Tatkala dunia mengakui bahwa orang itu tidak cantik, yang jatuh cinta bilang cantik sekali. Cinta yang buta ini telah menyebabkan seseorang rela mengorbankan diri sendiri. Pernah terjadi satu pasangan muda-mudi diam-diam memadu kasih, namun ortunya tidak setuju. Selain si cowok lebnih mudah beberapa tahun dari cewek , si cowok juga masih kuliah, ceritanya belum mandiri. Ortu yang cewek berusaha memisahkannya putrinya dengan si cowok, akhirnya ia berusaha mengirim putrinya untuk studi ke Luar Negeri. Namun apa yang terjadi, malam hari sebelum dia berangkat ke luar negeri, ia pergi dari rumah bersama si cowok, dan menghilang hampir seminggu. Mereka sembunyi entah di mana? Cellulernya tidak diaktifkan, dan ia tidak memberitahu siappun? Keluarga si cowok juga tidak tahu menahu akan kepergian anaknya ini, ceritanya ortu kedua belah pihak saling mencari. Karena kepanikan dan kebingungan ini, membuat ortu pasangan ini bertemu di suatu tempat, eh ternyata kedua ortu ini sudah saling mengenal, mereka adalah sahabat sewaktu di Sekolah Dasar. Ceritanya kayak film aja. Saya yakin anda bakal tahu akhir cerita ini? Hari ke 6 mereka kembali ke rumah, seteklah ada jaminan dari ortu- ortu mereka bahwa mereka tidak bakal dipisahin lagi? Nah untungnya mereka masih “sadar” sembunyinya masih di rumah salah seorang famili jauh, coba kalo di hotel atau temapt-tempat terlarang, bakal segera dinikahkan! Harap sih ini bukan sebagai contoh untuk anda semua?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home